Peningalan Kedaleman Kawasen - KAWASEN POST

Breaking

KAWASEN POST

MENGINFORMASIKAN | MENYAJIKAN | MEMBERI MANFAAT

Saturday, April 4, 2020

Peningalan Kedaleman Kawasen

Salah satu sisa peninggalan sejarah tatar galuh Ciamis yang hingga saat ini masih menyimpan misteri yakni Batu Ngampar di wilayah  Pasir Goong, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.



Diperkirakan keberadaan batu yang disusun dengan formasi khusus, erat kaitannya dengan Kerajaan Kawasen, sekitar awal abad ke-17. Keberadaan batu yang terampar di kebun yang berada di belakang Balai Pertanian Banjarsari tersebut  belakangan ini semakin banyak didatangi warga. Lokasi tersebut ditemukan warga yang saat itu tengah menggali tanah untuk fondasi rumah, pada tahun 2016.

Batu pipih yang diamparkan di atas tanah terlihat sengaja dibuat oleh tangan manusia tersebut, memiliki ketebalan sekitar 15 - 20 sentimeter. Pada saat ditemukan amparan batu berada pada kedalaman sekitar 50 – 100 senitmeter.
  
Kepala Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari Olis Nurholis mengungkapkan ketika awal ditemukan warga menganggap sebagai batu biasa. Akan tetapi setelah diperhatikan lebih lanjut, mereka baru menyadari ada keanehan dengan batu tersbeut, sebab letak batu tersebut memiliki formasi tertentu. Sejak saat itu warga dilarang untuk mengubah atau memindah struktur batu yang diyakini memiliki nilai sejarah.

“Jika melihat bentuk dan formasi, batu tersebut tidak mungkin dibuat pada masa kini. Ini peninggalan sejarah. Kami perkirakan pada awalnya susuanan batu berada dipermukaan, akan tetapi sieirng dengan perjlananan waktu ratusan tahun, hingga tertimbun tanah,” tutur Olis, Senin 11 Februari 2019.

Sebatas cerita mulut ke mulut
Beberapa orangtua yang ada di wilayah Pasir Goong, lanjutnya tidak banyak memberi penjelasan soal Batu  Ngampar. Mereka, lanjutnya hanya sebatas bercerita dari mulut ke mulut bahwa batu keberadaan batu tersebut berhubungan dengan Kadalemen Kawasen.

Kerajaan tersebut kekuasannya meliputi wilayah Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran (saat ini) hingga Bojong Malang, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga :


No comments:

Post a Comment